.post img:hover { -o-transition: all 0.3s; -moz-transition: all 0.3s; -webkit-transition: all 0.3s; -moz-transform: scale(1.3); -o-transform: scale(1.3); -webkit-transform: scale(1.3); }

Sabtu, 27 April 2013

Levitasi



Sedikit aneh ketika pertama mendengar kata levitasi sayapun sempat berfikir, emmmm…
Gravitasi mungkin ? …sempat penasaran...

Setelah coba searching ..
Ooo ternyata seperti ini yaaa..




Secara istilah, Levitation atau Levitasi (dari bahasa Latin “ringan” levitas) adalah proses dimana objek dihentikan oleh kekuatan fisik melawan gravitasi, dalam posisi stabil tanpa kontak fisik yang solid. Sejumlah teknik yang berbeda telah dikembangkan untuk melayang materi, termasuk metode levitasi aerodinamis, magnet, akustik, elektromagnetik, elektrostatik, film gas, dan optik. (wikipedia)


Sedang yang sedang saya bahas saat ini adalah Levitasi dalam seni Fotografi, dalam dunia Fotografi adalah sebuah trik dimana fotografer dapat mendapatkan gambar dari seseorang dengan efek melayang.

Jadi Model dalam foto di buat seolah-olah melayang tanpa beban dengan ekspresi yang datar. Levitasi berbeda dengan ‘Jump Shot’ Didalam Levitasi sang model di buat seolah diam di udara sedang jika dalam Jump Shot sang model terkesan memang sedang melakukan gerakan.

Sebenarnya mungkin kita sudah sering melihatnya seperti Foto orang seolah-olah terbang dengan menggunakan Sapu (Harry Potter), ini juga bisa di kategorikan sebagai Levitasi.
Bagi saya Levitasi menjadi menarik ketika Foto dapat mengambarkan suatu cerita seperti seolah-olah sedang berjalan di udara menuju suatu objek tertentu atau Levitasi dua orang yang sedang ber interaksi.

Levitasi mulai booming setelah Natsumi Hayashi memosting foto-foto Levitasinya lewat blog pribadinya yowayowacamera.com

di blog tersebut Si Natsumi benar-benar bisa membuat dirinya seolah terbang, dengan mimik yang datar dia berhasil membuat suatu cerita dalam setiap fotonya.

 Ekspresinya datar banget

 ini lebih keren lagi


 seolah-olah gambar ini sedang bercerita kan ...

Tertarik buat nyoba ? ni saya ada beberapa tips :

1. Levitasi bisa dilakukan dengan menggunakan kamera DSLR, kamera saku, bahkan kamera handphone (menurut pengalaman saya, kamera handphone kurang oke, karena hasil foto sering blur dan minim cahaya)

2.Bila menggunakan kamera saku biasa, bisa memilih mode sport atau children, atau mode yang mekhususkan kecepatan tinggi dalam memotret, agar objek /model tidak terlihat blur (kabur) bila melompat dengan cepat.

3.Pastikan objek/model tidak banyak menampakkan ekspresi muka dan usahakan seolah-olah melayang, agar terlihat elegan.

4.Gunakan tempat-tempat yang istimewa atau yang unik agar menambah keindahan hasil foto levitasi anda.

5.Berbagai macam aksesoris dapat digunakan dalam levitasi, misalnya balon (model seakan-akan tertarik oleh balon), sapu ( model menunggangi sapu dan melayang seperti dalam cerita Harry Potter), payung, buku, dan banyak lagi.


6. Gunakan Topi, bando, ikat rambut, penjepit kertas pada baju agar ketika melompat tak terkesan sedang bergerak karena rambut dan pakaian yang ikut terbang.

7. Levitasi sering membuat model/objek lelah, karena harus melompat dan melayang  berulang-ulang bila gagal, blur, dll. Jangan terlalu dipaksakankan, istirahat dulu dan cari insiprasi untuk membuat foto levitasi yang unik ( walaupun kadang penasaran dan gak mau berhenti , hehe ).

8.Pastikan cahaya yang memadai, jangan sampai berlevitasi di ruang gelap, karena objek tidak akan terlihat (hehe..)
 
 Foto levitasi ini, bisa dilakukan bersama-sama teman-teman disekolah, rekan kerja, maupun teman bermain untuk melepas lelah.

Di Indonesia sendiri Levitasi sudah mulai banyak di kenal terutama di kalangan anak muda. wadah untuk para pecinta Levitasi di Indonesia salah satunya  Levitasi'Hore komunitas ini sampai saat ini sudah mempunyai 14 Regional yang tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya
Bandung, Makasar, Medan, Palembang, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Malang, Padang, dan lainnya. 
Leitasi Hore sendiri sering mengadakan acara photowalk (kegiatan membuat foto levitasi secara bersama-sama) untuk dipamerkan di blog levitasihore.tumblr.com. Sebab pada saat photowalk inilah para fotografer berjuang bersama-sama membuat foto levitasi dengan baik dan benar sekaligus bersosialisasi.
 

Bagaimana, Tertarik mencobanya?

 saya juga beberapa kali sudah mencoba, walaupun hasilnya belum sempurna.
ini contoh foto levitasi yang saya buat :




'Kasur Terbang'


? ? ? ^_^


Salam Jepret (-,-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar