.post img:hover { -o-transition: all 0.3s; -moz-transition: all 0.3s; -webkit-transition: all 0.3s; -moz-transform: scale(1.3); -o-transform: scale(1.3); -webkit-transform: scale(1.3); }

Senin, 15 April 2013

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan 

Minggu kemarin setelah membaca beberapa blog dari kawan-kawan yang mengulas tentang tempat-tempat indah di Yogyakarta, saya pun tertarik dengan salah satu tempat di Bantul yaitu Kebun Buah Mangunan, yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul.
Karena kebetulan esok harinya (senin), saya libur saya pun membulatkan tekad untuk pergi kesana pagi harinya, sembari mencari informasi mengenai akses jalan terdekat menuju lokasi.


Kesokan harinya saya pun bersiap walaupun agak kesiangan rasanya saya berangkat pukul 9.00 karena masih ada yang harus di bereskan ketika meninggalkan toko.
Dengan bermodalkan ingatan saya ketika membuka Google maps kemarin saya pun mengambil jalur melalui Ringroad Utara menuju Jalan Janti kemudian Bantul, meskipun sempat tersesat karena ini kali pertama saya pergi ke Bantul sendirian.

Ketika memasuki kawasan Imogiri dan bertanya kepada salah satu penduduk ternyata Mangunan yang dituju masih cukup jauh. Namun akhirnya ketemu juga dengan petunjuk jalan yang menunjukan 'Kebun Buah Mangunan' ...ah akhirnya hampir sampai pikir saya ... mulailah jalan menanjakdan berkelok-kelok dimulai, jalannya cukup bagus dan nyaman untuk menuju kebun buah.
Dan akhirnya 
ini dia yang di cari ..... akhirnya sampai juga di Mangunan sekitar pukul 10.00 cuaca saat itu agak mendung jadi masih terasa sejuk disana ....
Gerbang masuk untuk menuju Kebun Buah
Untuk masuk kesini kita diminta Retribusi sebesar Rp 5.000,- per orang, cukup murah untuk wisata alam semacam ini saya rasa.
Begitu memasuki bagian dalam yang pertama saya ingin cari adalah Gardu Pandang yang katanya memiliki pemandangan begitu indah, di Taman bagian bawah terlihat beberapa bangunan yang merupakan tempat pembibitan buah dan sayuran, ada juga seperti kantin yang mendisplay produk dari kebun namun sayangnya ketika itu belum musim berbuah mungkin, karena tak satupun saya melihat buah di kebun buah ini ,,hehee

Kolam yang ada di Taman bagian bawah
Ada juga tempat bermain bagi anak-anak seperti ayunan di samping kolam, walaupun lebih sering digunakan untuk pacaran menurut saya.
Kalau ini jalan menuju puncak "Hati-Hati pakai persneling kecil !"
Menuju Area Parkir

Beberapa Landscape dari puncak

Ditempat ini juga sudah terdapat berbagai fasilitas pendukung, seperti area parkir yang luas, gazebo, toilet, bahkan mushola
Area Parkir di puncak, dekat dengan lokasi Gardu Pandang
Gazebo untuk menikmati pemandangan sambil bersantai ria
Mushola walaupun agak memprihatinkan, tapi dalamnya bersih lho ...

Disini juga terdapat kebun tanaman organik, jadi yang ingin membawa putra-putrinya atau adik-adiknya bisa berekreasi sambil bermain disini ....
tadinya saya kira ini tempat penangkaran kupu-kupu, hehe...
Pembibitan tanaman, bisa juga kalau mau belibibit dari sini

Ada juga penangkaran Rusa Timor (Cervus Timorensis)

Nah.. itu dia pengalaman saya kemarin saat berkunjung ke Kebun Buah mangunan, Dlingo, Bantul, bisa jadi salah satu refrensi buat anda yang ingin melepas penat setelah bergulat dengan pekerjaan di kota, atau yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman sambil ber foto ria dengan latar belakang pemandangan yang begitu menakjubkan.





2 komentar:

  1. jangan lupakan hutan Pinusnya Kang, cantik banget bwt foto2

    BalasHapus
  2. Hutan pinusnya itu di sebelah mana ya kang ?
    soalnya kemarin baru muter2 sebentar disana ...

    BalasHapus